Oprek Flasher Vixion Lampu Sein Kedip Cepat Mudah dan Murah

motorvixion.com – hallo mas bro sekalian belum lama ini saya barusan saja melakukan oprek pada flasher motor new vixion lightning 2014 . Melakukan oprek atau modifikasi flasher ori ini yaitu dengan menambahkan komponen elektro yaitu kapasitor di dalam fasher ori , sedangkan untuk kapasitor yang saya gunakan yaitu 1000 uf /16 v nah seperti apa hasilnya dan bagaimana cara membuat agar lampu sein berkedip cepat dengan biaya yang sangat murah meriah , untuk itu yuk simak tulisan saya dibawah ini .

 

Mungkin mas bro saat berada dijalan sering melihat motor, mobil bus dimalam hari , atau di youtube yang mana memiliki lampu sen yang berkedip cepat gampir mirip dengan kedipan pada bus malam hari.

Berawal saya mempunyai keinginan yaitu bagaimana caranya lampu sein motor new vixion saya memiliki kedip yang cepat layaknya mobil bus malam hari. Akhirnya saya pelajari beberapa referensi yang ada di internet , saya baca satu satu dan akhirnya berhasil hehe , nah untuk mas bro yang pernasaran apa saja yang disiapkan dan bagaimana cara merakit flasher lampu sein kedip cepat di vixion dengan harga yang sangat murah..?

Alat yang diperlukan Untuk Oprek Flasher Lampu Sein  Ori Vixion Kedip Cepat

  1. Solder dan timah
  2. Kemampuan dasar elektronika dan penyolderan komonen
  3. Kapasitor 1000 uf / 16 v
  4. Obeng min

Cara Merakit Flasher Lampu Sein Ori Vixion Kedip Cepat

  1. Yang pertama tentunya mas bro harus mencari lokasi dmana berada letak flasher tersebut , jika pada motor bebek biasanya terletak dibagian depan diatas kepala atau headlamp. Untuk flasher sendiri ciri ciri mekanisnya yaitu saat lampu sen dinyalakan maka akan ada bunyi “tik-tak” di flashernya . Nah yang paling umum letak flasher itu terletak pada bagian body depan dibawah speedometer , sedangkan untuk motor new vixion letaknya berada dibagian body belakang dibawah jok  dekat stop lamp.
  2. Selanjutnya mas bro bisa membuka jok bagian belakang dan mencari letak flasher yang  dekat dengan stoplamp/
  3. Selanjutnya mas bro bisa membuka chasing atau tutup flasher tersebut.
  4. Langkah selanjutnya jika tutup flasher sudah terbuka maka mas bro bisa mengganti bagian kapasitor bawaan dengan yang sudah kita beli di toko elektronik tersebut yaitu kapasitor 1000 uf /16 v
  5. Perlu mas bro ketahui bahwa di dalam flasher tersebut terdapta 4 komponen diantaranya yaitu 1. kumparan kawat yang berfungsi sebagai magne penarik pelatuk sklar yang menuju lampu sen bila dialiri dengan arus listrik DC . 2. Pelatuk, 3 . Resistor, 4. Kapasitor.
  6. Perhatikan saat proses penggantian kapasitor , jangan sampai kebalik.
  7. Setelah selesai mas bro bisa masukan kembali tutup flashernya seperti awal mas bro membuka.
  8. Selanjutnya tinggal pasang deh dan coba mas bro hidupkan.

Jika mas bro masih bingung dengan step step diatas maka mas bro bisa melihat video panduannya dibawah ini .

Penjelasan mengenai flasher

Sebenarnya mas bro sekalian , bahwa cara kerja flasher sendiri cukup sederhana . Rangkaian flasher yang dipasangkan secara seri antara baterai dan sirkuit saklar lampu sein . Bila flasher dialiri dengan arus DC maka kumparan akan menjadi magnet yang akan menarik dan memutuskan pelatuk . Untuk periode on dan offnya pelatuk tersebut ditentukan oleh kapasitor yang digunakan .

Untuk motor new vixion kapasitas standard yang digunakan yaitu 2300 uf/12v. Bila nilai kapasitor dikecilkan misalnya 1000 uf /16 v maka freskuensi pelatuk ditarik oleh magnet dari kumparan akan menjadi lebih cepat dan pada akhirnya yaitu akan mengedipkan lampu sen dengan cepat. nah selanjutnya mas bro bisa berexperimen sendiri untuk nilai kapasitor tersebut.

Jika mas bro mengamati lampu sen yang terus hidup alias manjer atau mati tidak berkedip, berarti itu ada tanda tanda salah satu dari empat komponen flasher tersebut ada yang bermasalah . Nah untuk mengatasi flasher yang rusak sebenarnya cukup mengganti bagian kapasitornya saja karena kapasitor sendiri adalah benda elektrolit yang punya batas usia pakai dan elektrolit dalam kapasitor tersebut akan mengering bila sudah sampai batas umurnya. Dan pada akhirnya kapasitor tersebut mati tidak bisa digunakan makanya kumparan flasher menjadi on terus gak mau ngedip lampu seinnya.

Note :

Untuk ukuran voltase yang lebih besar dibandingkan dengan standard sebenarnya tidak apa apa yang penting adalah jangan dibawah 12 v. Jika mas bro menggunakan kapasitor dibawah 12 v maka yang terjadi adalah elco atau kapasitor tersebut cepet kembung artinya cepat rusak elkonya bila terlalu rendah dibawah voltase standard malah bisa meletus haha. Nah jika flasher mas bro gak ada lilitan kabel maka jenis flasher mas bro yaitu jenis elektronik.

Ok mas bro sekalian mungkin sampai disini dulu sharingnya jika mas bro punya pertanyaan atau apapun hehe bisa komen dibawah ini .

Demikian informasi yang membahas mengenai Oprek Flasher Vixion Lampu Sein Kedip Cepat Mudah dan Murah,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog saya ini , jangan lupa untuk like, comment dan share.

Oprek Flasher Vixion Lampu Sein Kedip Cepat Mudah dan Murah | admin | 4.5

Leave a Reply

Nissan X-trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik