7 Cara Mengetahui Ciri Kampas Kopling Motor Habis

Hallo mas bro sekalian bagaimana kabarnya semoga selalu sehat dan diberikan kesehatan ,rezeki yang melimpah dan kebahagian bersama pasangan bro sekalian hoho. OK pada kesempatan ini saya mau sharing nih informasi yang membahas mengenai cara mengetahui ciri ciri kampas kopling motor mau habis atau kapan kita harus ganti kampas kopling…? nah penasaran ,mau…?

Seperti yang kita ketahui bersama mas bro sekalian bahwa setiap alat atau sparepart pada motor pasti memiliki masanya (maksudnya usia pakai) hal ini juga berlaku pada komponen motor yang disebut dengan kampas kopling.
Fungsi dari kampas kopling adalah sebagai penghubung dan pemutus tenaga putaran mesin dari mesin ke roda motor (sebagai penyalur tenaga mesin ke transmisi). Jika kampas kopling habis tentunya fungsi dari kampas kopling tersebut tidak akan bekerja maksimal sebagaimana fungsinya.

Walaupun tenaga yang dihasilkan pada mesin motor lumayan cukup besar tapi jika kampas kopling habis maka mesin motor tidak akan bekerja tidak maksimal alias tenaga yang disalurkan tidak seperti kalau masih baru.

Hampir semua kampas kopling pada motor pasti mempunyai masa pemakaian , masa pakai ini tergantung berapa jauh jarak tempuh sepeda motor yang digunakan tersebut. Selain itu juga dari segi pemakaiann pengguna motornya, jika menggunakan motornya kasar maka kemungkinan kampas koplingnya tidak akan awet alias cepat habis. Umumnya setiap pengguna sepeda motor memiliki karakter mengendarai yang berbeda beda,ada yang agresif, ada yang santai , ada yang pelan dan lain sebagainya.

Seperti yang kita ketahui bahwa hal yang paling umum gejala yang akan terjadi jika kampas kopling udah mau habis yaitu bahan bakar menjadi lebih boros.Untuk pemakaian normal masa pakainya dari blog aripitstop.com itu bisa digunakan sampai 50.000 km tapi lebih baik jika motor mas bro sekalian sudah menempuh jarak 20.000 km keatas maka bisa diganti dengan kampas kopling yang baru.Apa lagi sudah timbul ciri ciri kampas kopling new vixion mau habis maka mas bro harus mengganti dengan yang baru agar tidak terjadi keausan dan merembet kerusakan ke bagian rumah kopling.

Nah untuk mas bro yang bingung bagaimana cara mengetahui apakah kampas kopling pada motor yang digunakan udah habis atau belum bagaimana cara mengetahuinya apakah ada cirinya ,dibawah ini kurang lebih saya akan jelaskan beberapa cara untuk mendeteksi kampas kopling sudah habis atau belum.

Selip Kopling

Gejala yang paling sering yaitu selip kopling apabila kampas kopling sudah mau habis atau sudah habis. Gejala selip kopling ini disebabkan bukan hanya karena kampas kopling yang habis tapi juga bisa disebabkan karena oli yang tidak cocok dan juga karena pemakaian oli yang terlalu lama digunakan.

Akselerasi Mesin Yang Lemah

Jika kampas kopling motor sudah habis biasanya juga bisa diketahui dari akeselerasi motor yang sudah melemah,  jadi jika kampas kopling udah habis maka tidak bisa mentransfer tenaga dari mesin ke roda menjadi lebih lambat ,akselerasi itu tidak mempengaruhi top speed melainkan untuk menempuh top speed itu membutuhkan waktu yang lumayan cukup panjang.

Susah dalam perpindahan Gigi Persneling.

Gejala yang bisa dlihat lagi ketika kampas kopling udah habis yaitu saat mas bro mengganti gigi persneling bukan tenaga yang keluar sehingga ban motor bisa jalan melainkan hanya suara raungan motor saja.

Starter Motor Ngelos

Hal yang satu ini bisa digunakan untuk mengetahui ciri kampas kopling mau habis, yaitu ketika mas bro menggunakan kick starter untuk menghidupkan motor tapi saat melakukan ayunan kick starter bukan mesin hidup tapi ayunannya terasa ringan atau kalau orang bilang itu engkol e ngeloss dan motor sangat susah untuk dihidupkan.

Putaran Mesin Yang Tinggi

Untuk mengenali ciri kampas kopling habis yang lain yaitu bisa dilihat dari putaran rpm yang tinggi. Kampas kopling yang habis akselerasi akan melemah dan kampas mulai licin sehingga mesin motor memiliki putaran yang lebih tinggi walaupun kecepatan yang standard. Contohnya misalnya dengan kecepatan 40 km/h hanya membutuhkan putaran mesin 5000 rpm sedangkan saat kampas kopling sudah mulai aus maka untuk mendapatan kecepatan 40km/h membutuhkan putaran mesin yang lebih tinggi yaitu 8500 rpm

Tenaga Mesin Berkurang 

Untuk cara mendeteksi kampas kopling yang mau habis yaitu bisa dengan cara memasukan gigi persneling 4 atau 3 kemudian tahan lalu mas bro tarik gasnya secara spontan. Nah jika mengalami kenaikan maka hal tersebut masih bagus tapi kalau sudah aus biasanya malah rpm semakin tinggi tapi kecepatan masih rendah jadi sulit untuk mencapai top speed.

Jarak Pemakaian 

Untuk jarak pemakaian kampas kopling biayanya itu sekitar 30.000-50.000 km , tapi alangkah lebih baiknya jika motor mas bro sudah mencapai jarak 25.000 sebaiknya diganti dengan kampas kopling yang baru agar mesin motor tetap awet dan kondisi tenaga masih prima.

Sedikit tips untuk mas bro sekalian yang ingin memasang kampas kopling sendiri maka sebelum memasang kampas kopling alangkah baiknya kampas koplingnya dibasahi terlebih dahulu menggunakan oli . Jika kampas kopling tidak dibasahi maka saat motor mas bro di hidupkan pertama kali , aliran oli yang berada di rumah kopling belum membahasahi keseluruhan maka hal ini tentunya sangat bahaya dan gesekan yang terjadi akan mengkikis ketebalan kampas kopling walaupun hanya sedikit.

Demikian informasi yang membahas mengenai 7 Cara Mengetahui Ciri Kampas Kopling Motor Habis, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog saya ini, jangan lupa untuk like, comment dan share agar lebih banyak yang mendapatkan manfaatnya

7 Cara Mengetahui Ciri Kampas Kopling Motor Habis | admin | 4.5

Leave a Reply

Nissan X-trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik