Ternyata Pasang Kampas Kopling New Vixion Advance Cuman 4 Buah..!

Hallo mas bro sekalian seperti yang kita ketahui bahwa untuk pemasangan kampas kopling setiap motor itu beda beda , bedanya yaitu dari jumlah kampas kopling itu sendiri dan juga dari ukuranya ada yang kecil ada yang besar. SO pada kesempatan ini saya mau sharing nih tentang perbedaan kampas kopling new vixion lightning dan juga motor yamaha new vixion advance…? nah perbedaanya apaan..? yuk simak terus tulisan saya dibawah ini ya .

Kopling pada motor berfungsi sebagai sistem/komponen motor yang dimana berperan untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda belakang dari crankshaft di gearbox. Sistem kopling ini dibuat atau dirancang sedemikian rupa untuk membantu meperpindahkan gigi secara halus maka kopling tersebut bisa aktif dan non aktif biasanya dilakukan dengan menekan per kopling dan mengendorkan kopling.

Umumnya sistem kopling ini dia keadaan normal apa bila tidak ditekan , sedangkan saat kopling ditekan dia kemudian non aktif sehingga bisa memasukan gigi persneling.Salah satu penentu kemampuan transfer tenaga dari mesin ke roda belakang adalah dari sistem kopling itu sendiri yaitu besarnya gaya gesek antara kampas kopling dan plat kopling. dan besarnya gaya gesek tersebut ditentukan oleh beberapa hal dibawah ini :

  1. Luasna area gesek maksudnya adalah jumlah kampas koplingnya.
  2. Koefisien gesek maksudnya yaitu konstruksi permukaan kampas dan juga pada bagian plat kopling
  3. Daya tekan cengkraman kampas kopling yang biasanya dari kekerasan per kopling, jumlah per kopling dan kehomogenan tekanan.
  4. Dan lain-lain

Dan umumnya lho ya semakin besar performa engine (mesin) motor maka gaya gesek yang dibutuhkan juga semakin besar. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya jumlah kampas kopling yang menempel pada motor,kemudian kerasnya per kopling yang digunakan dan juga konstruksi permukaan plat kopling serta posisi rumah kopling di luar/kering.

Seperti yang mas bro lihat pada gambar katalog sparepart yamaha new vixion diatas , yang sebelah kiri adalah new vixion lightning keluaran tahun 2014 , sedangkan yang sebelah kanan adalah new vixion advance keluaran terbaru ini yaitu 2016.

Pada gambar tersebut terlihat bahwa ada pengurangan jumlah kampas kop0ling -plat kopling pada new vixion generasi terbaru yaitu new vixion advance. Untuk New vixion lightning jumlah kampas koplingnya 5 buah (kampas kopling)- 4 buah (plat )  sedangkan untuk motor yamaha new vixion advance terlihat kampas koplingnya terdiri hanya 4 buah , untuk platnya terdiri 3 buah.

Dari analisis saya sendiri  ada beberapa kemungkinan mengapa yamaha menurunkan jumlah kampas kopling diantaranya bisa dilihat dibawah ini :

  • Kualitas kampas kopling miliki yamaha new vixion advance lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan kampas kopling punya NVL ( New vixion ligthning)
  • Power Engine Motor Yamaha New vixion advance lebih kecil dibandingkan dengan yamaha new vixion lightning.
  • Cost Down (penurunan biaya produksi /biaya motor)

Dan dari beberapa teman yang saya tanyakan kalau semakin tinggi power mesin motor untuk harian atau balapan biasanya jumlah kampas kopling ‘relatif ” lebih banyak. Sebagai contoh misalnya motor honda seperti honda revo, supra x 125 merka hanya dibekali 4 kampas kopling sedangkan untuk honda gl, tiger, megapro dll dengan tenaga yang jauh lebih besar dibekali dengan 5 lembar kampas kopling ( 4 kampas kopling biasa , 1 agak kecil + judder spring) .

OK mas bro sekalian artikel ini cuman sekedar menambah wawasan kita semua tentang pemilik motor new vixion advance dan juga pemilik motor new vixion lightning. Untuk penggantian pastikan mas bro membeli sparepart ori , jangan membeli yang asal beli takutnya bukan masalah terlesaikan tapi malah nambah masalah hehe. Pastikan mas bro menanyakan terlebih dahulu jika ingin melakukan subsitusi kampas kopling buat new vixion.

Ternyata Pasang Kampas Kopling New Vixion Advance Cuman 4 Buah..! | admin | 4.5

Leave a Reply